Teknik Lingkungan
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Teknik Lingkungan merupakan salah satu cabang keilmuan dari teknik yang mempelajari lingkungan serta permasalahannya. Program studi ini berada dibawah naungan teknik dengan tujuan penyelesaian masalah dengan bantuan teknologi serta mewujudkan teknologi yang berwawasan lingkungan. Mahasiswa di program studi ini akan belajar tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Ruang lingkup jurusan ini adalah konservasi sumber daya air, pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, pengolahan limbah, pengolahan air plumbing/perpipaan, sistem drainase, hingga pengendalian dan pencemaran udara. Dalam konteks diatas, tentu akan didukung juga dengan berbagai disiplin seperti biologi, fisika, kimia, serta beberapa disilplin teknik lainnya.

Program Studi Teknik Lingkungan dibentuk pada tahun 1998 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 047/D/O/1998 pada 23 Juni 1998. Program studi ini dibentuk dalam rangka kepedulian Universitas PGRI Adi Buana Surabaya terhadap kebutuhan lembaga. dunia usaha dan masyarakat akan pendidik di Ilmu Teknik Lingkungan. Teknik Lingkungan memiliki visi menjadi program studi Teknik Lingkungan bereputasi nasional yang menghasilkan lulusan profesional dalam bidang rekayasa dan manajemen lingkungan, yang berkarakter Peduli, Amanah, Gigih dan Inovatif (PAGI)

Program Studi Teknik Lingkungan hingga saat ini terus berbenah menjadi lebih baik. Kini, Program Studi Teknik Lingkungan mendapatkan akreditasi dari BAN-PT melalui SK BAN-PT No.590/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2019 dengan akreditasi B. Penyelenggaraan kegiatan perkuliahan juga didukung oleh fasilitas yang dimiliki oleh Program Studi Teknik Lingkungan, yaitu: Laboratorium Rekayasa Lingkungan, Laboratorium IPAL, Laboratorium Persampahan, Laboratorium Air, Laboratorium Komputer, dll. Ditunjang dengan keaktifan dari mahasiswa dan dosen Teknik Lingkungan diharapkan program studi ini dapat membawa Teknik Lingkungan menjadi lebih baik di masa depan.